Mahasiswa Unusia Diseminasikan Hasil Penelitian PKM di Tingkat Nasional

Mahasiswa Unusia Diseminasikan Hasil Penelitian PKM di Tingkat Nasional

Jakarta - Ikatan Cendikiawan Muda Akuntansi (ICMA) menggelar kegiatan Webinar Nasional “Diseminasi Hasil PKM Ikatan Cendikiawan Muda Akuntansi”. Diseminasi didahului dengan seminar yang menghadirkan Prof. Dr. IR. Arita Marina, ME Dosen PKIP Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Arita menyampaikan materi terkait “Strategi Peneningkatan Kulalitas PKM yang Berdampak Luas bagi Masyarakat”.

Menurut Arita bahwa hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh dosen harus memiliki dampak terhadap masyarakat. “Oleh kerena itu, PKM harus direncanakan dengan baik agar berdampak terhadap masyarakat, dan harus dilakukan secara berkelanjutan.

Rafles Ginting selaku Ketua Umum ICMA menyampaikan apresiasi terhadap anggota ICMA yang mengirimkan hasil penelitian PKM untuk didiseminasikan. “Kegiatan diseminasi ini ritin dilaksanakan oleh ICMA setiap tahun, untuk memfasilitasi anggota ICMA dalam peningkatan kualitas hasil PKM”, ungkapnya.

Dari puluhan anggota ICMA yang mengikuti kegiatan, empat diantaranya adalah dosen dan mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia). Melalui Program Studi Akuntansi, Unusia terlibat menjadi co-Host dalam kegiatan tersebut. “Prodi Akuntansi senantiasa berkolaborasi dengan berbagi lembaga, termasuk ICMA untuk menyediakan ruang bagi dosen dan mahasiswa dalam pengembangan tridarma perguruan tinggi, termasuk PKM” ungkap Ketua Prodi Akuntansi Unusia Muhammad Aras Prabowo. 23/12/23.

Dua dosen yang menjadi presenter adalah Ilham Ramadhan Ersyafdi dengan judul penyuluhan pengenalan anti fraud bagi siswa/I SMA dan SMK sebagai upaya pencegahan tindakan kecurangan. Nurul Fauziyyah mempresentasikan pengenalan akuntansi syariah guna meningkatkan kompetensi siswa/I dan guru SMK jurusan akauntansi.

Dua mahasiswa lainnya adalah Yuliana dan Saeful Mu’minin. Kedua mahasiswa tersebut berkolaborasi dengan Muhammad Aras Prabowo dalam menghasilkan penelitian PKM. Masing-masing berjudul sosialisasi penggunaaan gadget terhadap siswa SDN 06 Pasir Gaok dan peningkatan kualitas Pendidikan melalui program bimbingan belajar bagi siswa sekolah dasar Desa Cimulang.

Yuliana dan Saeful merasa senang dan bangga, kerena dilibatkan dalam kegiatan nasional oleh dosennya. “Hanya kami yang melakukan presentasi dari mahasiswa, yang lainnya adalah dosen” ungkap Ana sapaan Yuliana.

“Ini adalah kesempatan berharga yang diberikan oleh dosen kami untuk tampil dikanca nasional dan mempresentasikan karya kami dihadapan dosen reviewer luar. Reviewer saya Dr. Rina Yuniarti, M.Ak. dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu, sedangkan Ana dari Universitas Brawijaya Dr. Sri Muljaningsih, S.E., MSP” terang Saeful.

Total peserta yang mempresentasikan hasil penelitian PKMnya adalah 13 orang dari berbagai perguruan tinggi. Tema yang penelitiannya juga sangat beragam. Kegiatan berlangsung melalui zoom dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 11.30 pada hari Sabtu, 23 desember 2023.

Category
Tags