KPUD Kaur Sosialisasi Aplikasi SIAKBA Pemilu 2024

KPUD Kaur.

Klikwarta.com, Kaur - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaur, menggelar Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) pada Pemilu Serentak 2024, dengan beberapa tahapan simulasi SIAKBA bertempat di Hotel Zalfa Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan, Rabu (16/11/2022).

Acara resmi dibuka langsung oleh Plh Ketua KPU Irpanadi yang juga selaku devisi teknis, hubungan masyarakat (Hub Mas).

Irpanadi menyampaikan bahwa Sosialisasi dilaksanakan dalam rangka persiapan, pembentukan Badan Adhoc PPK, PPS, PPLN, KPPS, para pelamar mendaftarkan diri secara online, melalui Aplikasi SIAKBA, yang diperuntukkan pada Pemilu serentak 2024, mengingat perekrutan PPK, PPS, akan dilaksanakan pada akhir bulan November 2022 ini.

"Dengan adanya sosialisasi pendaftaran secara online melalui Aplikasi SIAKBA, Lanjut Irpan, tentunya untuk memudahkan dan meringankan para pelamar Penyelenggara Adhoc (PPK dan PPS), karena tahun ini pendaftaran PPK, PPS sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, para pelamar tidak menyerahkan langsung berkasnya ke Kantor KPU Kaur di Padang Kempas,” ungkapnya.

Sambungnya, kepada rekan-rekan media dan para Kepala Desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat seperti tidak masuk ke dalam Sipol, umur dan lain-lain. Irpan juga menghimbau dalam penginputan data diri pelamar melalui aplikasi SIAKBA, harus berhati-hati karena data yang di input langsung tidak bisa diubah-ubah kembali. 

Sementara sambutan Bupati Kaur yang di wakili oleh staf ahli bidang hukum dan Politik Hopa Lara, pada kesempatan tersebut menghimbau agar transparan dalam melakukan perekrutan Penyelenggaran PPK, PPS.

“Agar mensosialisasikan sesuai dengan regulasinya, jika memang tidak boleh jangan di lakukan atau di terima, terutama yang harus di nilai sehat jasmani dan rohani, mental dan sosialnya agar ketika melakukan tugas memang betul-betul siap tangguh dan handal", ungkapnya.

Bupati juga menghimbau agar tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemilukada nanti, oleh sebab itu peran bawaslu dan Intel diharapkan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komisioner KPU Kaur, Forkopimda, perwakilan Danramil, Kasat Intelkam Polres Kaur, karang taruna, Ketua KNPI, tokoh masyarakat, LSM dan Pers.

(Pewarta: Sulek)

Category