Tingkatkan Kemampuan, Personil Dalmas Polres Bengkulu Utara Latihan Gabungan

Tingkatkan Kemampuan, Personil Dalmas Polres Bengkulu Utara Latihan Gabungan

Bengkulu Utara, Klikwarta.com – Untuk meningkatkan kemampuan personel dalam mengendalikan massa saat terjadi aksi Unjuk Rasa, Polres Bengkulu Utara melalui satuan Samapta menggelar latihan Dalmas di halaman Mapolres Bengkulu Utara, Rabu (8/2/2023)

Kasat Samapta Polres Bengkulu Utara AKP YANS IRVAI, SH menjelaskan, latihan Dalmas sebagai langkah mempermantap kemampuan personel mengendalikan situasi yang rusuh saat terjadi aksi demonstrasi.

Pengendalian Massa (Dalmas) sendiri memiliki fungsi sebagai pengawal sekaligus pengamanan aksi unjuk rasa juga sebagai tindakan preventif kepolisian

“Apalagi Menjelang Pemilu Serentak 2024 nanti, yang mana eskalasi Politik akan meningkat dan dibutuhkan Personil dalmas terlatih untuk menghadapi setiap aksi massa yang mungkin terjadi pada saat proses Pesta Demokrasi lima tahunan ,” paparnya.

Inti kegiatan Dalmas, sambungnya, untuk merefresh kembali langkah-langkah pengendalian massa yang sebenarnya sudah dikuasai setiap anggota Polri agar lebih mantap lagi.

“Para personel antusias, semangat dan fokus mengikuti latihan fisik, teori dasar sikap Dalmas lanjut sebagai sikap di tempat dengan menggunakan perlengkapan Dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi Dalmas,” terangnya.

Di tempat yang sama Kabag SDM Polres Bengkulu Utara Kompol RAFENIL YAUMIL RAHMAN, S.H berharap, gelar latihan Dalmas dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar setiap personel siap menghadapi situasi di lapangan yang sebenarnya.

“Ikuti setiap tahapan latihan pengamanan aksi demonstrasi ini, termasuk saat massa masih tertib hingga saat terjadi kerusuhan, agar kemampuan personil lebih terasah,” pintanya.

Category